Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

Bursa Piggyback Motor Injeksi, Harga Berkisar Rp 3 Jutaan

Honda CBR 250R, News | Comments Off
Bursa Piggyback Motor Injeksi, Harga Berkisar Rp 3 Jutaan
 

Kemarin sudah dijelaskan secara sederhana cara kerja piggyback untuk sepeda motor injeksi. Nah, sekarang kita intip produk piggyback apa saja yang ada di pasaran.

Setidaknya ada 6 merek yang sudah lebih dulu eksis di tanah air. Yuk kita lihat satu persatu. Pertama adalah Power Commander V (PC V). Salah satu speedshop yang getol memasarkan piggyback Amerika ini adalah Sportisi Motorsport.

“PC V untuk Honda CBR 250R dijual Rp 3,5 juta sudah dengan dyno dan setting. Kalau moge seperti Kawasaki ZX-6R dijual p 4,5 juta. Untuk Harley-Davidson beda lagi, lebih mahal,” beber Koko Adiyaksa, store manager Sportisi Motorsport.

Mau yang lebih hemat? Sportisi Motorsport juga punya satu lagi piggyback yang dijual lebih hemat. “Namanya Dynojet Digital Fuel Controller (DFC), dijual Rp 2,5 juta,” lanjutnya.

Merek lainnya adalah Juice Box. Piggyback yang bukan minuman buah ini adalah keluaran Two Brothers Racing dari Amerika juga. Bedanya, Juice Box dilengkapi dengan kemampuan menyimpan 10 mapping semprotan bahan bakar yang berbeda.

“Selain ada 10 map, juga bisa di-adjust lagi secara manual. Ada semacam tombol untuk menggeser mapping sesuai putaran mesin. Di putaran rendah, tengah atau atas,” jelas Budiman Terianto, owner Spinx Motorsport.

Juice Box dijual dengan harga Rp 3,6 juta, dan tersedia untuk Kawasaki KLX 250S, Dtracker 250, Honda CBR 250R dan hampir semua motor injeksi lainnya termasuk moge.

Selain Juice Box, Spinx Motorsport juga menjajakan EZ Ecu. Apalagi nih? “Kalau ini ada dua unit. EZ FI untuk remapping bahan bakar dan EZ TI untuk mengubah mapping pengapian. Limiter juga bisa dinaikan,” jelas pria bertubuh subur ini. Untuk EZ FI dijual Rp 3,6 juta dan EZ TI dilepas Rp 2,9 juta.

Satu lagi yang ditawarkan Spinx adalah Bazzaz FI MX. Sama seperti PC V, piggyback ini juga dilengkapi dengan perangkat autotune. “Proses mapping-nya bisa lebih mudah. Kita jual Rp 3,6 juta, sedang autotune-nya dilepas Rp 2,5 juta,” tutup Budiman.

Oiya masih ada piggyback hasil pengembangan anak bangsa. Dilabeli Speedspark, piggyback ini bisa mengatur fuel sekaligus pengapian dalam satu modul.

“Dijual Rp 1,75 juta saja. Lebih hemat kan! Bisa untuk Yamaha V-Ixion juga,” ungkap Freddy Gautama dari Ultraspeed Racing.
Umumnya semua piggyback ini sudah dijual lengkap dengan kabel instalasi dan software bawaannya. Software yang digunakan untuk melakukan settingan ini harus dibuka lewat PC atau laptop. (motorplus-online.com)